by Fahmy ‘Arafat Daulay on Thursday, December 31, 2009 at 2:33pm

Tulisan ini adalah permintaan seorang saudari saya yang tak sempat menghadiri acara yang saya dan teman2 di daerah yang saya adakan, yang meminta saya mengirimkan kesimpulan acaranya .So, here it is..

Inti dari Sharing Knowledge ini adalah memaknai hidup seperti jam pasir yang makin lama makin habis dan tak akan pernah kembali lagi.jadi harus benar benar dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Pertanyaan yang perlu ditanyakan pada setiap diri adalah..

1.Jika Allah memberi kita umur sampai 63 tahun seperti nabi Muhammad SAW, apa Maha Karya yang kita lakukan sebelum dipanggil Yang Maha Kuasa?
2.Bagaimana cara supaya orang tetap ingat pada kita 100 tahun lagi ketika semua harta, teman, dan keluraga kita sudah meninggal semuanya?
3.Jika 6 bulan lagi kita mati disambar petir atau terkena bencana seperti gempa di Tanah Minang, apa hal yang paling penting untuk segera dilakukan? (membahagiakan orang tua,jadi kakak yang lebih baik, ibadah yang khusyu’, dll).

Pertanyaan2 diatas sangat penting bagi setiap manusia untuk memiliki hidup lebih bahagia dan bermakna dari sebelumnya.

Selanjutnya,untuk mencapai sukses dalam bidang apapun, dibutuhkan FOKUS yang total.
Kata ibu Hasri Ainun Habibie (istrinya pak BJ.Habibie yang sangat jenius itu), di Jerman, jika seseorang sudah memilih FOKUS untuk jadi pembuat kunci, maka mereka akan habis-habisan untuk menjadi pembuat kunci2 terbaik didunia. Jadi, diperlukan kemampuan yang pas untuk bisa menentukan arah hidup lalu berFOKUS total untuk menjdi yang terbaik di bidangnya masing2.
Berkaitan dengan ini JOE VITALE dalam salah satu bukunya menjelaskan ‘ada hukum yang namanya HUKUM JENIUS 10 TAHUN, artinya.. jika seseorang menekuni sesuatu dengan sangat fokus selama 10 tahun , maka dia akan menjadi JENIUS atau minimal menjadi sangat hebat luar biasa dalam bidang itu’
Jadi..apapun yang mau kita capai sepenuh jiwa, maka INVESTASIKAN 10 TAHUN hidup anda untuk jadi yang terbaik, maka insya ALLAH sukses sudah didepan mata’.

Semua tokoh2 dunia yang paling terkenal adalah orang2 yang sangat FOKUS.
Michael Jordan FOKUS dengan basketnya, Tiger Wood FOKUS denga n Golfnya, Ustadz Yusuf Mansyur FOKUS dengan dakwah SEDEKAHnya, Albert Einstein juga sangat fokus dengan kegiatan berpikir dan risetnya dan masih banyak lagi.
So..kalau mau sukses, FOKUS lah.

Sedikit tambahan..
Karena tempat dimana saya menjadi pemateri adalah Remaja Masjid yang baru berdiri maka saya sangat menekankan pada mereka supaya menetapkan tujuan 5 tahun,3 tahun,1 tahun, 6 bulan, 3 bulan, 1 bulan, 1 minggu dan 1 hari supaya JELAS mau dikemanakan Remaja Mesjid ini.
Pengalaman saya, aktivitas RM hanya berkutat pada acara acara Hari Besar Islam saja. Sehingga proses pendidikan yang terpenting dari adanya organisasi menjadi tak ‘BERGAIRAH’.
Padahal unsur terpenting dari adanya RM adalah supaya jadi jalan menjadi manusia yang menebar CAHAYA bagi dunia , bukan malah jadi BAHAYA bagi semesta.

Alhamdulillah..saran ini diterima dengan baik dan insya Allah dalam waktu dekat akan diadakan acara2 yang lebih POWERFUL lagi supaya SEMANGAT dan ENERGI terus terpacu untuk hidup dan kehidupan yang lebih indah dari sebelumnya.

Malam yang sangat menyenangkan..
Walaupun sempat ada salah informasi sedikit, tapi acara berjalan dengan penuh keakraban dan bisa dikatakan SUKSES..!.

Kata kata hikmah yang saya sampaikan sebagai penutup yaitu :
‘Jangan gunakan otak kita hanya untuk menghapal sejarah yang dibuat orang lain, tapi gunakan otak kita untuk MEMBUAT SEJARAH kita sendiri’
dan akhirnya..’Kalau kita tidak mengatur hidup kita sendiri maka nanti orang lain yang akan mengaturnya’.

Sekian kesimpulan singkat ini.
Semoga bermanfaat..

Salam Kebahagiaan.

(Amy Lorenzo)