Have you purpose of your life ?
by Fahmy ‘Arafat Daulay on Monday, July 27, 2009 at 1:51pm
‘ Hal yang terpenting dari kehidupan adalah.. ketika kekayaan dan kesuksesan kita bisa menjadi jalan untuk menolong lebih banyak orang dan membuat dunia lebih indah, lebih bercahaya dari sebelumnya ‘

Jika mau pergi ke suatu tempat, tentu saja kita harus tahu dulu mau kemana kita.Karena nanti bisa kesasar kesana kemari. Jika mau pergi travelling atau berkemah di dalam hutan, tentu saja kita harus punya peta yang lengkap dan jelas supaya gak nyasar dan malah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa akibat tersesat. Semua bisa terjadi hanya gara2 nggak punya peta pas mau travelling.. sederhana memang, tapi efek negatifnya bahkan bisa memakan korban.

Kalau untuk berkemah saja yang gak terlau penting kita harus punya peta, maka untuk menjalani hidup kita yang cuma sekali ini tentu kita lebih perlu lagi untuk memilki PETA KEHIDUPAN kita sendiri.Setiap manusia haruslah memiliki Peta Kehidupan. Hal ini sangat serius karena nyaris seluruh anak (orang) Indonesia BELUM punya life purpose (Tujuan Hidup ) yang jelas dan terukur

Tidak seperti kita, di negeri maju, anak disana sejak kecil sudah di ajari bagaimana menentukan tujuan hidup dan diajari juga langkah dalam mencapainya .

Jika anak SMP di Indonesia merasa bangga dengan Hand Phone mahal yang dibelikan orang tuanya, di Jepang ternyata anak dengan usia yang sama bahkan SUDAH mampu membuat HP yang digunakan anak SMP disini. Yang demikian terjadi karena sudah ada kesadaran pada seluruh lapisan masyarakat Jepang maupun negeri maju lainnya untuk memberikan pendidikan terbaik, sesuai dengan minat si anak tadi.

Di usia yang sangat dini, mereka sudah diajari untuk memilih mau jadi apa ketika dewasa nanti secara fokus dan sangat mendetil. Tidak hanya itu, mereka juga di fasilitasi secara lengkap sesuai minat dan bakat dari si anak tadi.

Contoh :Jika mereka bercita cita menjadi pemusik, maka disana ( negeri maju seperti Eropa , Amerika,Jepang dll ) akan disediakan alat musik yang bahkan boleh dibawa pulang supaya bisa latihan di rumah.Begitu juga dengan yang ingin jadi koki, pesepak bola dan lain lain.Mereka difasilitasi secara penuh oleh negara dan juga diberi kesempatan magang secara LIVE dari para Expert terbaik didunia untuk mempertajam ‘KESAKTIAN ‘ mereka dalam bidangnya masing2.

Hasilnya?
Berkat pendidikan yang baik dan dukungan penuh dari negara dan pihak2 lain yang terkait,
mereka jadi memiliki para Expert yang tangguh serta punya kemampuan PROBLEM SOLVING kelas dunia sehingga mampu memecahkan masalah apapun yang terjadi pada mereka dengan metode yang sangat kreatif dan menguntungkan secara finansial dalam waktu yang bersamaan.
Rata rata orang orang yang membuat sejarah sekarang ini adalah orang orang yang berasal dari negeri negeri maju itu dalam tiap bidang kehidupan kita, bahkan Facebook yang sedang saya gunakan ini adalah produk dari orang luar (Amerika, Mark Zuckerberg). Hal itu karena mereka sejak sangat dini sudah diajarkan untuk FOKUS pada bidang yang jadi kesukaan mereka yang didukung dengan sepenuh jiwa.

TAPI.. membandingkan negeri sendiri dengan negeri lain yang lebih dulu maju dan mengeluh secara negatif tak akan memecahkan masalah Indonesia tercinta ini ..Jadi.. tulisan ini dibuat sebagai curahan hati dengan tujuan mengajak siapapun yang membaca tulisan ini langsung bertindak to make your own Life Map. Minimal jadi pencerahan untuk saya sendiri dan mudah mudahan anda juga.

Sesungguhnya..

Kemampuan menentukan tujuan hidup adalah hal yang sangat serius yang kita semua WAJIB HUKUM nya untuk belajar dan melakukannya dalam kehidupan kita seutuhnya .
Seandainya kita tak punya tujuan hidup, maka umur kita yang hanya sebentar ini akan habis tanpa makna.Hidup kita itu seperti jam pasir, yang mana pasir kehidupan kita akan terus menerus habis tanpa kita sadari dan kita tentu saj semakin dekat dengan kematian .Entah 20 tahun lagi..2 tahun lagi.. 2 bulan lagi..atau malah 2 hari lagi.. ?

Who Knows..

Jadi.. punya tujuan hidup itu sangat penting supaya ketika kita sampai di ujung usia nanti, kita takkan menyesal karena kita sudah melakukan sesuatu yang bermanfaat , baik untuk diri kita sendiri dan terutama untuk orang lain sesuai dengan tujuan hidup kita.

Ijinkan kisah dibawah ini menjelaskan maksud saya:

ALKISAH…
Adalah seorang penyelam yang disewa oleh seorang pedagang mutiara untuk mengambil mutiara2 yang harganya sangat tinggi di pasaran. Lalu setelah disepakati harga, ditentukanlah waktu untuk menyelam, Si penyelam diberi oksigen yang hanya bisa tahan selama 1 jam di bawah air. Jadi dia harus mengumpulkan mutiara sebanyak banyaknya hanya dalam waktu kurang dari 1 jam. Dia harus bersikap profesional karena sudah dibayar 3 jutaan sekali show.

Diapun menyelam..

TAPI !

Terjadi hal yang mengejutkan si penyelam..
Ternyata wilayah laut yang terdapat mutiara didalamnya itu sangat INDAH. Ada banyak keindahan yang memukau pandangan dari sang penyelam tadi. Dia terhipnotis dengan keindahan bawah laut yang seumur umur belum pernah dilihatnya, rumput laut yang bergoyang, hewan2 laut yang indah dan penuh warna , terumbu karang yang memancarkan fenomena yang menggetarkan jiwa.SEMUANYA…membuat sang penyelam terpaku dan membisu terkena hypnosis lautan yang maha dahsyat.Dia menyelam kesana kemari menikmati panorama yang dahsyat dan mengguncang itu, sampai sampai dia lupa tugas utamanya yaitu mengambil mutiara mutiara mahal itu.

Tiba tiba dia merasa nafasnya sesak, segera dia melihat ke arloji tangannya, ternyata 5 menit lagi oksigen akan habis ! Dia pun cepat2 mengambil mutiara2 didasar lautan itu..tapi karena tergesa gesa maka ketika dia akan naik ke permukaan, mutiara mutiara yang sudah ada di genggamannya itu jatuh ke bawah lagi,

Aduh..!

Sesampai di permukaan , orang yang menyewanya bertanya heran karena dia tak melihat satu pun mutiara dibawa oleh pennyelam itu.Dengan nada tinggi dia menghardik penyelam yang ceroboh itu..
MANA MUTIARANYA HAH !
Si penyelam sambil ketakutan menceritakan kejadian tadi. Pedagang itu pun marah besar dan minta penyelam itu mengganti seluruh kerugian si pedagang mutiara tadi atau dia diancam dilaporkan ke polisi.Sang penyelam pun rugi berat gara gara terpesona keindahan lautan.. malah kehilangan duit jutaan..🙂

Apa yang bisa diambil dalam cerita tadi?
Kita semua adalah SANG PENYELAM sedangkan pedagang mutiara tadi adalah perumpamaan TUHAN yang menyuruh kita untuk mendapatkan mutiara supaya bisa sebagai bekal kita untuk menghadapNya dan OKSIGEN adalah waktu hidup kita yang terbatas di dunia untuk mengumpulkan ‘mutiara kebajikan’.

Tugas utama kita diciptakan di atas dunia adalah untuk memimpin dunia dan menjadikannya lebih indah dari sebelumnya.Lalu ketika kita dipanggil Tuhan untuk mempertanggung jawabkan ”Oksigen Kehidupan ” yang telah dititipkanNya, maka kita sudah siap dan dengan BAHAGIA menjemput kematian dengan tersenyum, kenapa ? karena kita SUDAH melakukan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi dunia semampu kita.

Cause We Have Do Something..

Apakah kita pernah merenung,
Sebenarnya untuk apa Tuhan menciptakan kita?
Siapa diri kita sebenarnya?
Dimana posisi kita dalam sejarah panjang peradaban dunia?
Apa mahakarya yang kan kita hasilkan sebelum kita dipanggil olehnya ?.
Perenungan seperti ini sangat penting karena kita dapat memahami apa sebenarnya tujuan hidup kita dan bersiap melakukan yang terbaik sebelum hal yang pasti itu ( kematian ) benar benar terjadi pada diri.Dengan itu kita dapat mengukur sampai sejauh mana kita sudah menjalani hidup, apakah lebih banyak hal yang positif yang kita hasilkan selama ini atau malah sebaliknya?

Mungkin nasehat seorang tokoh yang jadi gurunya Andrea Hirata ini bisa menjadi awal bagi kita semua untuk membuat dan menapaki Peta Kehidupan kita dengan baik dan positif. Bahwa yang terpenting adalah:

‘Hiduplah untuk memberi sebanyak banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak banyaknya’.
( Pak Harfan).

Sudahkah anda Merancang Peta Kehidupan anda..?
Lakukan SEKARANG juga.
Anda tak pernah tahu berapa lama lagi Oksigen Kehidupan anda akan habis. Setidaknya jika memang masa kita didunia ini memang sebentar lagi adanya, maka NIAT BAIK kita sudah dicatat oleh Yang Maha Kuasa.
So..Do It Now my friend..
Lebih baik jika anda melakukannya secara tertulis dan diingat setiap hari.Dibawa catatannya kemana pun kita pergi. TIAP HARI..
Dan akhirnya,Saya pikir ini adalah pertanyaan terpenting yang harus dijawab dengan penuh perenungan bagi setiap DIRI dalam hidup yang hanya sekali ini.

Salam Kebahagiaan..:)

(Amy Lorenzo)